Instalasi Seni Unik di Gereja St Jame's

Instalasi Seni Unik di Gereja St Jame’s

Instalasi Seni Unik di Gereja St Jame’s

Sebagai tempat ibadah, gereja cenderung di desain dan juga dihias dengan hal-hal yang membangkitkan keimanan para jemaatnya. Namun, lain halnya dengan Gereja St Jame’s yang mencoba menumbuhkan rasa keimanan pada Sang Pencipta dengan cara yang lebih unik dan bernilai seni. Gereja yang berlokasi di Piccadilly, London ini ternyata memasang instalasi seni dari ratusan baju bekas para pengungsi.

Mungkin terdengar sedikit unik jika mengingat instalasi tersebut dibuat dari baju bekas. Namun, hal tersebut memang benar adanya dan kita bisa menikmati seni instalasi karya seorang seniman Inggris tersebut di Gereja St Jame’s. Seniman asal Inggris yang memiliki nama lengkap Arabella Dorman tersebut telah membuat sebuah seni instalasi yang menarik karena mengkritisi masalah pengungsian yang ada di Irak serta Afghanistan melalu karyanya yang dibuat dari baju bekas pengungsi tersebut.

Sang maestro sendiri sudah pernah mengunjungi kedua negara tersebut yaitu Irak dan Afghanistan pada tahun 2015 lalu. Saat ini, seniman yang lebih akrab dipanggil Dorman tersebut merasa terkejut dengan suasana trauma yang mendalam di negara tersebut. Dalam hal ini, ia melihat adanya trauma terutama pada anak-anak serta mereka yang tidak berdosa dan harus terjebak dalam keadaan perang yang tidak ada habisnya tersebut.

Melihat hal tersebut, Dorman mendapatkan ide untuk membuat instalasi seni yang dapat mengungkapkan kenangan tersembunyi yang mungkin sudah mulai terlupakan ini. Ia melihat banyaknya pakaian yang dibuang oleh pengungsi dan membuat ia ingin membuat kenangan dari mereka yang pernah menggunakan baju-baju tersebut. Menurut Dorman, hal tersebut dapat menceritakan apa yang mungkin saat ini sudah terlupakan.

Karya seni instalasi itu sendiri diberi nama “Suspensed” dan dapat kita lihat di Gereja St Jame’s di London. Dengan tujuan membangkitkan ingatan kita akan adanya masalah pengungsian yang seharusnya bisa menjadi fokus bersama, diharapkan adanya karya seni ini kita bisa tergugah untuk melakukan penggalangan dana untuk mereka yang membutuhkan di luar sana. Selain “Suspensed” gereja tersebut juga pernah memajang karya Dorman yang lain yaitu “Flight”.

Jika anda tertarik membaca artikel kami sebelumnya mengenai membalas jasa pakistan mengadakan pemakaman kenegaraan bagi suster ini

Sumber: http://lifestyle.liputan6.com/read/3196615/gereja-ini-pajang-instalasi-seni-dari-baju-bekas-pengungsi

Posted in Berita and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *