Lain Dari Biasanya Misa Gereja Immanuel Pakai Bahasa Inggris Karena Banyak Orang Asing

Lain Dari Biasanya Misa Gereja Immanuel Pakai Bahasa Inggris Karena Banyak Orang Asing

Lain Dari Biasanya Misa Gereja Immanuel Pakai Bahasa Inggris Karena Banyak Orang Asing

Lain Dari Biasanya Misa Gereja Immanuel Pakai Bahasa Inggris Karena Banyak Orang Asing

Gereja Immanuel yang berlokasi di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat dipadati oleh ratusan jemaah yang melaksanakan kegiatan misa Jumat Agung. Bukan hanya jemaah saja, kepolisian juga nampak berjaga-jaga di sekitar lokasi ibadah untuk memastikan semuanya berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam misa Jumat Agung tersebut, sejumlah warga asing yang tidak sedang kursus Bahasa Inggris ala Pare di Jogja tersebut tetapi sedang ada di Indonesia, juga ikut dalam pelaksanaan ibadah Jumat Agung. Untuk mendukung ibadah tersebut agar berjalan lancar, pihak dari gereja Imanuel bahkan menyiapkan penyampaian khotbah dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Belanda.

Untuk khotbah dengan Bahasa Belanda, pelaksanaannya adalah pada pukul 10.00 WIB. Dan diperkirakan akan ada 20 orang jemaah yang mengikuti misa tersebut. Sedangkan untuk khotbah berbahasa Inggris akan disampaikan pada pukul 17.00 WIB.

Jadi, untuk umat kristiani yang berasal dari luar negeri dan ingin tetap beribadah dengan khidmat saat berada di Indonesia bisa menyesuaikan jadwal kedatangan mereka ke gereja sesuai dengan jadwal dimana bahasa yang mereka gunakan digunakan dalam misa tersebut.

Misalnya, untuk mereka yang lebih nyaman dengan Bahasa Belanda, bisa datang untuk mendengarkan khotbah pada pukul 10.00 WIB saat khotbah yang disampaikan dalam Bahasa Belanda. Dan untuk kalian yang ingin kursus bahasa inggris ala pare di jogja, bisa terlebih dahulu mencoba mendengarkan khotbah dalam Bahasa Inggris di Gereja Immanuel pada jam 5 sore.

Perlu diketahui, Gereja Immanuel ternyata melaksanakan ibadah Jumat Agung sebanyak lima kali dengan waktu yang berbeda mulai dari pagi hingga malam hari. Sesuai jadwal yang tersedia, ibadah tersebut akan berlangsung pada pukul 6 pagi, 8 pagi, 10 pagi, 5 sore, dan setengah tujuh sore. Jadi, para jamaah bisa menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut saat akan beribadah di gereja Immanuel.

Namun perlu diingat bahwa misa yang dilakukan pada jam 10 pagi dan 5 sore akan disampaikan dalam bahasa asing. Jadi, jika memang lebih nyaman dengan Bahasa Indonesia bisa datang diluar jam berikut untuk mengikuti misa Jumat Agung seperti biasanya.

Untuk mengawal misa Jumat Agung ini, aparat kepolisian pun dikerahkan untuk menjaga gereja tersebut. Hal ini dikarenakan banyaknya warga asing yang akan mengikuti ibadah di gereja Immanuel. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh AKBP Agung Marlianto selaku Kapolsek Gambir. Ia menyebutkan bahwa alasan gereja Immanuel menjadi perhatian polisi adalah karena banyaknya jamaah dari luar negeri. Maka dari itu penjagaan diketatkan terutama pada pukul sepuluh pagi dan lima sore.

Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris ala Pare di Jogja, tentu kita tidak akan bingung jika ikut serta dalam misa yang dilaksanakan pada jam 5 sore di Gereja Immanuel. Hal tersebut dikarenakan kita sudah mengerti Bahasa Inggris dan bisa mengikuti khotbah yang disapaikan dengan cukup baik.

Kembali ke penjagaan ketat yang dilakukan di Gereja Immanuel yang diperketat pada saat warga asing banyak yang datang, Agung menyampaikan bahwa hal ini dilakukan bukan untuk mengenyampingkan keamanan dan keselamatan warga Indonesia. Menurutnya WNI tetap akan jadi prioritas dalam penjagaan tersebut.

Akan tetapi, karena mengingat hal tersebut bukan hanya masalah nasional, tetapi sudah menjadi skala internasional makanya pihak kepolisian Gambir berusaha lebih keras dan memperhatikan penjagaan untuk misa pada saat orang asing diperkirakan akan datang dalam jumlah yang banyak. Dan akhirnya ibadah yang lancar dan aman pun bisa terwujud.

Baca juga artikel kami lainya mengenai: mengelola akuntansi keuangan gereja secara alkitabiah

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/banyak-orang-asing-misa-di-gereja-immanuel-pakai-bahasa-inggris.html

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *