Unik Ini Dia Budaya Aqiqah Umat Kristen Di Pacongkang Soppeng

Unik Ini Dia Budaya Aqiqah Umat Kristen Di Pacongkang Soppeng

Unik Ini Dia Budaya Aqiqah Umat Kristen Di Pacongkang Soppeng

Unik Ini Dia Budaya Aqiqah Umat Kristen Di Pacongkang Soppeng

Kegiatan aqiqah hingga menggunakan jasa aqiqah adalah kebiasaan kaum muslim. Bukan hanya merupakan tradisi, namun aqiqah secara khusus merupakan perintah dalam agama Islam. Perintah ini turun untuk menyembelih kambing sebagai wujud syukur atas kelahiran buah hati. Aturan mengenai aqiqah juga cukup jelas dimana orang tua disarankan menyembelih kambing sebanyak satu ekor untuk anak perempuan dan kambing dua ekor untuk anak laki-laki.

Dari penuturan di atas, dapat kita lihat bahwa aqiqah adalah bentuk syi’ar dan ajaran dari agama Islam. Tak jarang jika penyedia jasa aqiqah pasti beragama Islam dimana mereka memahami tata cara penyembelihan secara Islam hingga seluk beluk mengenai aqiqah. Tentu, merupakan suatu keanehan –jika tidak bisa dianggap sebagai keganjilan, ketika ada kelompok umat Kristen juga melaksanakan aqiqah. Hal ini nyata terjadi di masyarakat Soppeng.

Keanehan Umat Kristen Soppeng dan Jasa Aqiqah

Pendeta yang Merasa Aneh

Kisah unik dan ganjil dialami oleh pendeta Anita. Beliau merupakan pendeta yang secara khusus ditugaskan pihak gereja untuk mengajarkan Alkitab di masyarakat Soppeng. Sebagaimana pendeta pada umumnya, beliau mencoba mempelajari kehidupan masyarakat sebelum mengajarkan Alkitab. Alangkah terkejut nya beliau ketika ternyata masyarakat Soppeng yang menjadi jemaatnya turut melakukan tradisi aqiqah dan berbisnis jasa aqiqah sebagaimana umat muslim pada umumnya.

Hal ini menjadi suatu keganjilan tersendiri karena secara khusus, dalam ajaran agama Kristen tidak terdapat perintah untuk menyelenggarakan aqiqah guna wujud syukur terhadap kelahiran anak atau menggunakan jasa aqiqah dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, pendeta Anita merasa heran sebab beliau baru menemukan hal semacam ini di Soppeng dan di daerah lain, beliau tidak pernah menemukannya sebelumnya.

Sejarah yang Kabur

Jemaat Kristen di daerah Soppeng terpusat di kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Di tempat ini, umat Kristen hidup dengan akur dan bisa melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan aman dan nyaman meskipun bersebelahan dengan umat Islam. Namun, di daerah sekitarnya, terdapat pemeluk agama Kristen yang tinggal di belakang pasar Pacongkang dimana mereka melakukan tradisi umat Islam, yakni berpartisipasi pada jasa aqiqah .

Menurut salah satu warga setempat, umat Kristen yang tinggal di sekitar pasar Pacongkang ada 25 rumah dengan total pemeluk Kristen yang ada di sana tidak diketahui dengan pasti. Hal ini dikarenakan dalam satu rumah, terkadang ada anggota keluarga yang memeluk agama Kristen dan Islam. Hal inilah yang disinyalir sebagai dasar kenapa mereka menggunakan jasa aqiqah atau melakukan ibadah aqiqah meskipun secara khusus tidak diatur dalam perintah agama Kristen seperti dekorasi dinding gereja.

Keanehan ini muncul juga begitu saja. Tidak ada sumber yang pasti mengenai asal mula umat Kristen ikut menyelenggarakan aqiqah di tempat ini. Bukti yang ada hanya cerita turun menurun yang menyatakan bahwa umat Kristen di daerah Pacongkrang Soppeng sudah sedari dulu akrab dengan jasa aqiqah menyelenggarakan aqiqah pada saat kelahiran buah hati mereka.

Diyakini Sebagai Bentuk Toleransi

Masyarakat Kristen Pacongkrang Soppeng hidup berdampingan dengan umat Islam selama puluhan tahun. Dalam hal ini, terjadi persilangan budaya secara tidak langsung. Adanya umat Kristen yang menyelenggarakan aqiqah dan menggunakan jasa aqiqah diyakini sebagai bentuk toleransi. Dengan adanya hal ini, tidak ada konflik yang terjadi dikarenakan perbedaan keyakinan atau sentimen agama.

Menarik memang untuk menyimak kisah yang terjadi di daerah Pacongkrang Soppeng dimana umat Kristen turut menggunakan jasa aqiqah. Meskipun hal ini baik secara kemanusiaan, namun sejatinya anjuran aqiqah adalah perintah agama dalam Islam.

sumber: http://jalur9.com/budaya-aqiqah-umat-kristen-pacongkang-soppeng/

http://www.ahloulbait.com/category/jasa/

Posted in Berita and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *