Raihlah Tubuh Sehat untuk Hidup Lebih Baik

Dalam sejarah diperlihatkan bagaimana para penginjil membujuk anak-anak desa supaya pergi ke sekolah sebab anak-anak kala itu lebih suka duduk-duduk di punggung kerbaunya daripada duduk belajar di kelas.

Manfaat sekolah waktu itu juga kurang dapat dilihat banyak orang tua. Banyak juga orang tua yang kurang mengerti kegunaan dari rumah sakit. Itu disebabkan tingkat pengetahuan mereka yang memang begitu rendah.

Mereka lebih suka mencari dukun atau orang pintar untuk mencari cara agar dapat sembuh dari penyakitnya kala itu. Pendapat umum menyatakan bahwa suatu penyakit yang mereka derita disebabkan oleh pengaruh roh-roh tertentu yang menghuni di suatu tempat sehingga penyembuhannya juga harus disaranai dengan jampi/mantara penolak bala dan upacara-upacara.

Ilmu kedokteran saat itu malah lebih sering ditakutkan oleh masyarakat. Pastinya kita masih ingat pada tahun lima puluhan. Di kala itu orang tua kita menggunakan kata dokter untuk menakuti anak nakal karena anak-anak pada umumnya memang takut disuntik.

Bidang kesehatan (Toko Herbal Jakarta) dan pendidikan mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pengabaran Injil sejak dahulu. Bahkan, kebanyakan orang memahami “zending” identik dengan pendirian sekolah dan rumah sakit Kristen yang diwarisi, pada umumnya, oleh gereja-gereja di Indonesia.

Berdirinya rumah sakit dan sekolah Kristen membawa pengaruh yang cukup besar dalam menetralisasi pandangan negatif masyarakat terhadap agama Kristen sebagai agama bangsa kolonial Belanda.

Kedua bidang itulah yang dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat dibandingkan penyebaran pamflet atau traktat-traktat Kristen.

Pendidikan dan kesehatan merupakan kebutuhan yang langsung dapat dirasakan bagi masyarakat ini meskipun pada permulaannya pengabaran Injil di Jawa, sekolah dan rumah sakit memang belum diminati oleh sebagian besar rakyat pribumi.

Mencerdaskan dan menyehatkan orang adalah sekedar mendekatkan orang kepada anugerah Allah. Usaha mempersiapkan orang untuk menerima anugerah keselamatan, yaitu keselamatan rohani menurut pengertian pada waktu itu (pengertian yang pietistis). Penyembuhan jasmani berarti merupakan sarana yang memungkinkan menuju kepada pembahasan/keselamatan jiwa-jiwa yang dianggap lebih penting.

Hal yang sangat positif dalam upaya memanfaatkan bidang kesehatan untuk pengabaran Injil pada masa lalu ialah diperkenalkannya orang-orang desa kepada sistem kesehatan (dan pendidikan) yang lebih rasional dan lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti kita ketahui dalam sejarah, semula pemerintah kolonial Belanda kurang memperhatikan pendidikan dan kesehatan masyarakat pribumi.

Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah kolonial hanyalah menguntungkan pemerintah kolonial dan bukan untuk kepentingan rakyat pribumi.

Sekolah, rumah sakit dan poliklinik terdapat di kota dan jumlahnya sangat amat terbatas. Desa-desa masih jauh dari jangkauan pembangunan.

Bidang kesehatan adalah salah satu bidang di mana gereja dapat mewujudkan peran diakonianya. Maka dari itu, pelayanan medis merupakan tugas gereja yang harus dilakukan untuk semua orang.

Posted in Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *